Belajar Bahasa Inggris

Guru SD Muhammadiyah 1 Kupang Sukses Terapkan LearningRoom: Bahasa Inggris Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

author img

Published on November 14, 2025

By Christian Ponto

Guru SD Muhammadiyah 1 Kupang Sukses Terapkan LearningRoom: Bahasa Inggris Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

Bagikan artikel:

Program unggulan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang membawa angin segar ke sekolah-sekolah pilihan, termasuk SD Muhammadiyah 1 Kupang.

Melalui LearningRoom, guru Bahasa Inggris seperti Fahla Nurmala, yang kerap dipanggil Bunda Fahla, kini memiliki sarana untuk menjadikan bahasa Inggris bukan lagi pelajaran yang menakutkan, melainkan pengalaman seru yang dinanti murid-muridnya.

Dari Kebiasaan Membaca ke Semangat Belajar Bahasa Inggris 

Dari obrolan ringan tentang kesukaan mereka membaca buku cerita, anak-anak SD Muhammadiyah 1 Kupang mengungkap keinginan sederhana: belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Keinginan itu dijawab oleh Bunda Fahla, guru bahasa Inggris penuh semangat yang melihat LearningRoom sebagai solusi pembelajaran digital interaktif. Ia menjadikan kelas lebih hidup dengan membuat murid merasa belajar Bahasa Inggris itu mudah, seru, dan penuh motivasi.

 

Guru-SD-Muhammadiyah-1-Kupang-Sukses-Terapkan-LearningRoom-02.jpg

 

Metode Belajar Menyeluruh

Berkat hadirnya LearningRoom di sekolah, Bunda Fahla dapat berinisiatif menggunakan platform ini sebagai alat bantu dan bagian dari gaya pengajaran kreatif.

Adanya integrasi antara buku materi dengan portal digital di LearningRoom, memudahkan beliau untuk membantu murid-muridnya dalam:

- Memperkaya kosakata dengan cara interaktif.
- Melatih pelafalan yang benar melalui audio dan latihan digital.
- Membangun rasa percaya diri untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Metode ini bukan hanya soal teknologi, tetapi tentang menghadirkan pengalaman belajar yang membuat anak-anak merasa Bahasa Inggris itu mudah dan seru.

Hasil Nyata Membanggakan

Perubahan nyata pun segera terlihat. Dengan adanya tryout AKM dan laporan progres, Bunda Fahla bisa menunjukkan kepada murid dan orang tua bahwa usaha mereka membuahkan hasil. Skor siswa meningkat, dan yang lebih penting, semangat belajar mereka tumbuh.

Setiap kali murid berhasil mencapai peningkatan, Bunda Fahla menjadikannya momen motivasi dengan memberi apresiasi kecil-kecilan untuk merayakan keberhasilan para muridnya, sehingga anak-anak merasa kian dihargai dan semakin bersemangat untuk belajar.

"Saya Bunda Fahla, sebagai Guru Bahasa Inggris merasa terbantu dengan adanya platform LearningRoom, yang mana siswa di kelas menjadi lebih antusias belajar Bahasa Inggris!"

Ungkapan yang mencerminkan bagaimana Bunda Fahla dapat berperan tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai motivator yang menyalakan semangat murid-muridnya untuk belajar lebih giat.

 

Guru-SD-Muhammadiyah-1-Kupang-Sukses-Terapkan-LearningRoom-03.jpg

 

Belajar Sambil Bermain

Bunda Fahla juga memanfaatkan fitur gamifikasi LearningRoom agar proses belajar-mengajar di kelas lebih hidup. Murid-murid dapat saling berinteraksi, tertawa bersama, dan tanpa sadar menyerap kosakata baru.

Bagi mereka, pelajaran bahasa Inggris bukan lagi tugas berat, melainkan pengalaman yang ditunggu-tunggu setiap minggunya.

***

Mari Bertualang dan Belajar Bahasa Inggris di

logo-LR-justpasteit.png

PELAJAR SENANG, PENGAJAR TENANG

INFO KONTAK DAN KERJASAMA KLIK DI SINI

Previous

6 Peran Guru yang Jarang Diketahui, Bikin Belajar Lebih Efektif

Next

Ungkap Rahasia PMM untuk Pembelajaran Berkualitas!

Featured Articles