Published on December 19, 2024
LearningRoom adalah platform pembelajaran bahasa Inggris yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui pendekatan berbasis teknologi. Dengan materi yang interaktif dan dukungan dari komunitas guru, platform ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang efektif, menyenangkan, dan relevan di berbagai daerah di Indonesia.
Untuk memahami sejauh mana dampak LearningRoom terhadap pembelajaran siswa, pengukuran hasil belajar sangat penting. Melalui analisis skor pre-test dan post-test, kita dapat melihat perubahan konkret yang terjadi pada kemampuan siswa dalam menguasai bahasa Inggris.
Berikut adalah metrik keberhasilan pembelajaran siswa dari Kupang, Barito Kuala, dan Lombok; setelah mereka menggunakan LearningRoom.
A. Peningkatan Skor Sebesar 11,84%
Setelah pengimplementasian LearningRoom selama 4 bulan di Kupang, data menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa meningkat sebesar 11,84%.
B. Perbandingan Nilai Pre-Test dan Post-Test
- Average Pre-Test: Siswa memiliki rata-rata nilai awal sebesar 76
- Average Practice Score: Di semua sesi latihan, siswa mendapat rata-rata nilai 89
- Average Post-Test: Setelah menggunakan LearningRoom, rata-rata nilai meningkat menjadi 85.
Peningkatan ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis teknologi LearningRoom efektif dalam membantu siswa memperbaiki kemampuan mereka.
A. Peningkatan Skor Sebesar 35,48%
Meski baru mulai digunakan dalam periode 3 minggu terakhir, angka peningkatan skor siswa di Barito Kuala menunjukkan hasil yang signifikan dengan rata-rata naik sebesar 35,48%.
B. Perbandingan Nilai Pre-Test dan Post-Test
- Average Pre-Test: Rata-rata nilai awal siswa adalah 62.
- Average Practice Score: Di semua sesi latihan, siswa mendapat rata-rata nilai 77
- Average Post-Test: Setelah pembelajaran, rata-rata nilai para siswa meningkat menjadi 84.
Meskipun waktu implementasi relatif singkat, pendekatan interaktif LearningRoom mampu memberikan dampak yang nyata.
A. Peningkatan Skor Sebesar 57,41%
Angka peningkatan skor kemampuan bahasa Inggris dari siswa pengguna LearningRoom di Lombok merupakan yang tertinggi dibandingkan daerah lainnya. Setelah 1,5 bulan menggunakan LearningRoom, peningkatan skornya mencapai angka 57,41%.
B. Perbandingan Nilai Pre-Test dan Post-Test
- Average Pre-Test: Rata-rata skor awal adalah 54
- Average Practice Score: Di semua sesi latihan, siswa mendapat rata-rata nilai 93
- Average Post-Test: Setelah menggunakan LearningRoom, rata-rata nilai meningkat menjadi 84
Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan di Lombok sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa.
Data-data di atas menunjukkan adanya peningkatan skor yang signifikan di tiga wilayah yang berbeda setelah penerapan LearningRoom.
Di Kupang, terjadi peningkatan sebesar 11,84%, sementara di Barito Kuala peningkatannya mencapai 35,48%, dan di Lombok bahkan lebih tinggi dengan peningkatan sebesar 57,41%.
Perbedaan ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi dari LearningRoom memiliki dampak yang bervariasi tergantung pada konteks lokal dan kondisi awal siswa di masing-masing wilayah.
Selain itu, rata-rata skor pre-test secara keseluruhan adalah 64, sedangkan rata-rata skor post-test meningkat menjadi 85.
Dengan peningkatan rata-rata sebesar 21 poin, hasil ini mencerminkan dampak positif dari penggunaan LearningRoom terhadap pembelajaran siswa.
LearningRoom tidak hanya membantu siswa meningkatkan skor tes mereka, tetapi juga membangun kepercayaan diri dan motivasi belajar. Guru juga melaporkan bahwa siswa menjadi lebih antusias dan aktif selama pembelajaran berlangsung.
Dengan pendekatan berbasis teknologi yang terus berkembang, LearningRoom berkomitmen untuk mendukung pendidikan berkualitas di Indonesia dan membentuk generasi yang lebih kompeten dalam berbahasa Inggris. Mari bersama-sama membangun masa depan yang cerah untuk pendidikan Indonesia!
***
Mari Bertualang dan Belajar Bahasa Inggris di
Bergabung dan dapatkan lebih banyak berita menarik serta penawaran khusus!