Published on July 02, 2025
Visi besar dari Indonesia Emas 2045 adalah menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia, tepat di saat seluruh rakyat merayakan 100 tahun kemerdekaan bangsa. Demi mencapai hal tersebut, kita butuh sumber daya manusia (SDM) yang unggul, adaptif, dan siap bersaing di panggung global.
Dua kompetensi utama dalam mewujudkan SDM unggul tersebut adalah kemampuan berbahasa Inggris dan literasi digital. Sayangnya, kedua aspek ini masih menjadi tantangan serius di berbagai daerah di Indonesia.
Sebagai salah satu solusi konkret yang hadir di zaman modern seperti sekarang adalah LearningRoom, melalui program pembelajaran Bahasa Inggris berbasis digital yang inovatif, kontekstual, dan mudah diakses oleh sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.
KUASAI BAHASA INGGRIS: KUNCI KOMPETENSI ABAD 21
Bahasa Inggris adalah bahasa universal dalam dunia akademik, bisnis, dan teknologi—kemampuan yang sangat krusial untuk SDM Indonesia di era globalisasi.
Namun, menurut EF English Proficiency Index 2024, posisi Indonesia masih rendah, yaitu peringkat 80 dari 116 negara dengan skor 468, di bawah rata-rata global 477.
Skor ini mencerminkan bahwa sebagian besar orang dewasa di Indonesia hanya memiliki kemampuan Bahasa Inggris dasar dan menjadi hambatan dalam meningkatkan daya saing nasional. Hal ini memberi sinyal perlunya intervensi nyata, terutama di jenjang pendidikan dasar dan menengah.
LearningRoom hadir untuk menanggulangi ketimpangan ini dengan menyediakan pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris tematik, gamifikasi, dan interaktif, yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan studi internal, siswa pengguna LearningRoom mengalami kemajuan skor hingga +30% dalam satu semester.
LITERASI DIGITAL: KETERAMPILAN ABAD 21 YANG MUTLAK
Indonesia Emas tidak akan tercapai jika generasi muda tidak menguasai teknologi. Literasi digital mencakup kemampuan menggunakan, memahami, dan mengevaluasi informasi berbasis digital secara bijak. Namun, masih banyak guru dan siswa yang kesulitan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.
LearningRoom membekali guru dengan portal pengajaran digital, pelatihan profesional, serta sistem manajemen kelas daring yang memudahkan proses pembelajaran kontekstual.
LEARNINGROOM SEBAGAI MITRA PENGUATAN SDM DAERAH
Dalam beberapa tahun terakhir, LearningRoom telah bekerja sama dengan berbagai pemerintah daerah, seperti Kota Padang, Kota Kupang, Kota Banjarmasin, dan Lombok Tengah.
Implementasi program ini telah menunjukkan hasil nyata:
- Peningkatan skor Bahasa Inggris siswa hingga 30% dalam satu semester
- Lebih dari 90% guru yang merasa terbantu dalam proses mengajar dengan perangkat digital
- Sertifikasi Bahasa Inggris CEFR B1 ke atas untuk 72% guru yang mengikuti pelatihan
Kolaborasi seperti ini membuktikan bahwa pemerintah daerah dapat mempercepat pembangunan SDM unggul di wilayah masing-masing melalui intervensi cerdas dan terukur.
HADAPI TANTANGAN GLOBAL DENGAN PENDIDIKAN BERKUALITAS
Indonesia Emas 2045 juga menargetkan bonus demografi yang akan mencapai puncaknya di 2030–2040. Untuk memanfaatkannya, sistem pendidikan harus mampu menghasilkan tenaga kerja yang kompeten secara global.
Dengan LearningRoom, daerah dapat:
- Menyediakan akses pembelajaran Bahasa Inggris yang inklusif dan relevan
- Memberikan pelatihan guru berkelanjutan berbasis digital
- Mempersiapkan siswa dan guru menghadapi uji sertifikasi internasional
- Mendukung target SDG 4 dan kebijakan nasional pendidikan berkualitas
SAATNYA INVESTASI SDM DIMULAI DARI SEKOLAH
Pemerintah daerah punya peran vital untuk membangun generasi emas yang dimulai dari sekolah, dengan menghadirkan solusi terbaik demi mempersiapkan masa depan anak-anak Indonesia.
Mewujudkannya, platform digital LearningRoom dapat menjadi mitra strategis dari pemerintah daerah melalui penguatan kompetensi Bahasa Inggris dan literasi digital sejak dini.
***
Mari Bertualang dan Belajar Bahasa Inggris di
Bergabung dan dapatkan lebih banyak berita menarik serta penawaran khusus!