Published on August 16, 2024
Berdasarkan data yang dirilis oleh ceoworld.biz, Indonesia menempati posisi ke-61 dalam daftar Best Non-Native English Speaking Countries In The World, 2024. Data ini didapatkan dengan menguji 1,45 juta peserta di 100 negara dan diikuti secara sukarela oleh para peserta. Posisi Indonesia ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangga yaitu Singapura yang menempati posisi ke-5 dan Malaysia yang berada di posisi ke-26.
Rendahnya kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia tentu menjadi perhatian penting, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi internasional. Kemampuan bahasa Inggris akan mampu membantu generasi muda untuk memperluas pengalamannya dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan.
Tidak hanya itu, semakin banyaknya warga negara asing yang memasuki Indonesia, baik untuk urusan bisnis maupun wisata, memberi sinyal semakin pentingnya kemampuan berbahasa Inggris. Untuk mempersiapkan diri menghadapi situasi tersebut dan menyambut Indonesia Emas 2045, pemerintah menetapkan kurikulum di mana bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib SD mulai tahun ajaran 2027/2028.
Bahasa Inggris sangatlah penting, sayangnya bagi sebagian orang bahasa Inggris tetap sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Rod Pallister, seorang Ph.D. dan student coach dari Inggris yang pernah berpengalaman menjadi pengajar bahasa Inggris sebagai Second Language (ESL) mengungkapkan beberapa alasan yang mungkin menyebabkan masyarakat Indonesia kesulitan belajar bahasa Inggris, yaitu:
1. Membandingkan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris
Setiap bahasa memiliki karakternya masing-masing dan tidak bisa dibandingkan begitu saja. Baik itu pola kalimat maupun struktur bahasanya. Ketika mempelajari bahasa Inggris, maka lupakan pola penyusunan kalimat bahasa Indonesia dan fokuslah pada apa yang sedang dipelajari saat ini.
2. Fokus Belajar Melalui Textbook
Textbook atau buku pelajaran bahasa Inggris SD dan SMP yang berisi materi pembelajaran memang dapat membantu proses belajar mengajar. Sayangnya, ketika proses belajar mengajar terlalu fokus pada buku teks, justru akan membuat suasana terasa membosankan, sehingga proses belajar mengajar jadi tidak efektif.
Selain kedua hal di atas, semangat siswa untuk belajar bahasa Inggris juga memegang peranan penting dalam keberhasilan memahami materi bahasa Inggris yang sedang diajarkan.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, dibutuhkan sebuah media pembelajaran bahasa Inggris siswa yang lebih interaktif, informatif, serta mampu membangkitkan semangat para siswa untuk terus mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya. LearningRoom hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Berbagai fitur yang dimiliki oleh LearningRoom dapat membantu para siswa lebih memahami materi yang dipelajarinya, serta membantu para guru lebih mudah dalam menyampaikan materinya. Berbagai fitur yang dimiliki oleh LearningRoom antara lain:
- LearningRoom menyediakan media pembelajaran bahasa Inggris siswa yang interaktif dan inovatif dengan konsep petualangan, sehingga belajar terasa menyenangkan dan tidak membosankan.
- LearningRoom memadukan tiga media pembelajaran sekaligus, yaitu buku materi, portal murid, dan portal guru. Ketiganya saling terintegrasi untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas serta pemberian tugas oleh guru pada siswa untuk meningkatkan kemampuan para siswa.
LearningRoom juga memberikan hasil evaluasi secara transparan dan lengkap dari seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan para siswa di kelas. Apakah memberikan dampak yang positif terhadap pembelajaran siswa dan seberapa besar peningkatan efektivitas belajar yang dihasilkan? Semua laporan tersebut akan diberikan secara transparan, sehingga sekolah maupun institusi pendidikan dapat memantau hasilnya secara langsung.
Jika Anda tertarik untuk bekerjasama dengan LearningRoom, maka Anda bisa segera menghubungi kami untuk mengatur jadwal kunjungan ke sekolah Anda, di mana pun berada.
***
Mari Bertualang dan Belajar Bahasa Inggris di
Bergabung dan dapatkan lebih banyak berita menarik serta penawaran khusus!